RSS Feed

Batik Bermotif Struktur Kimia

Yogyakarta, CyberNews. Batik Indonesia selalu mengalami perkembangan seiring berkembangnya zaman yang semakin modern. Oleh karena itu usaha pengembangan batik di Indonesia harus selalu digalakkan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Supaya masyarakat tidak merasa bosan dengan motif batik yang telah ada, maka perlu adanya pengembangan motif batik
kontemporer.

Motif batik kontemporer yang perlu dikembangkan yaitu motif batik yang belum pernah ada di pasaran dan menarik bagi masyarakat. Berdasarkan hal itu, maka timbul ide kreatif dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY, yaitu Priyo Yulianto, Muhammad Hizbul Wathon dan Tri Novita Indriyati dengan membuat motif batik kimia di mana struktur senyawa organik kimia diaplikasikan menjadi motif batik.

Dengan demikian, koleksi desain-desain motif batik di Indonesia akan semakin banyak, sehingga batik Indonesia tidak akan pernah punah. Ide membatikkan struktur senyawa kimia ini berhasil meraih dana Dikti tahun 2010 dalam program kreatifitas mahasiswa tingkat universitas.

Hizbul Wathon menjelaskan, Jumat (16/4), bahwa motif struktur senyawa kimia dipilih karena jarang ada yang mengaplikasikan batik dengan motif tersebut, selain itu struktur senyawa kimia sangat banyak sehingga tidak bakal kehabisan ide pembuatan batik karena dalam ilmu kimia perubahan sebuah unsur kimia sederhana akan mengubah struktur susunan senyawanya.

Ditambahkan oleh Priyo Yulianto bahwa rumus struktur senyawa organik yang dapat diaplikasikan dalam pembuatan motif batik itu banyak sekali jenisnya dan bahkan hampir semua struktur senyawa organik tersebut bisa dijadikan tema dari sebuah motif batik, tergantung dari kreativitas dalam mendesainnya.

Namun, agar menghasilkan batik yang indah maka perlu dilakukan pemilihan struktur senyawa organik yang sekiranya unik dan indah untuk diaplikasikan menjadi motif batik, seperti struktur senyawa benzena, naftalena, antrasena, dan isobenzofuran. Struktur kimia senyawa-senyawa organik tersebut baik dijadikan sebagai motif batik karena strukturnya unik dan mempunyai pola-pola yang belum pernah dijadikan motif batik.

“Tetapi diingatkan, struktur seperti contoh di atas hanya merupakan contoh kecil dan merupakan contoh sederhana dari rumus struktur senyawa-senyawa organik. Masih banyak lagi senyawa-senyawa organik dengan struktur cincin yang lebih unik dan lebih rumit sehingga jika diaplikasikan menjadi tema dari motif-motif batik maka akan menambah sisi keindahan, keunikan, dan keeksotisan dari batik yang dihasilkan,” tambahnya.

Proses pembuatannya, seperti diungkapkan oleh Tri Novita, senyawa organik yang sudah dipilih kemudian disusun dan dikreasikan sehingga menghasilkan suatu desain motif batik yang indah dan unik untuk digunakan sebagai motif. Batik yang bermotif rumus struktur senyawa organik tersebut didesain dengan mengkombinasikan antara rumus struktur senyawa organik dengan bentuk-bentuk benda lain misalnya mengkombinasikannya dengan motif bunga, garis, lingkaran, dan bentuk lainnya.

”Motif-motif tersebut berfungsi sebagai motif pendukung dari motif utama yaitu motif struktur senyawa organik. Pengkombinasian motif-motif itu dilakukan agar batik yang dihasilkan tidak terkesan monoton dan motif batik yang dihasilkan bisa lebih bervariasi,” tuturnya.

Ditambahkan, proses selanjutnya setelah dibuat suatu pola pada kain kemudian membatik sesuai dengan pembuatan batik cap. Tetapi ada juga proses membatik dengan menggunakan batik tulis.

( Bambang Unjianto /CN12 )

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

One response »

  1. pesannya gmn ya???

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: