RSS Feed

Batik Tegal Semakin Diminati

Tegal, CyberNews. Batik Tegal semakin diminati masyarakat dari luar kota. Mereka berminat membeli batik tegal baik batik tulis atau cap karena keindahan motif dan warnanya.

Salah satu perajin batik tegal, Muniroh (36) menyebutkan saat ini dirinya dan perajin batik di wilayah Kelurahan kainyamat Wetan dan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan sedang mendapat banyak pesanan dari berbagai kota, seperti Pemalang, Semarang, Surabaya, Cilegon  dan Purwokerto.

Bahkan di Semarang, batik buatannya sudah menembus tiga butik. Menurut dia, pesanan dari berbagai daerah digunakan sebagai bingkisan, seragam kantor maupun digunakan sebagai koleksi pembelinya.

Menurut dia, batik cap paling banyak diminati pembeli. Karena harganya lebih terjangkau dibanding batik tulis. Untuk batik cap dijual dengan harag Rp 75 ribu, sedangkan batik tulis mulai Rp 150 ribu keatas.

“Dari Cilegon ada pesanan 50 potong, demikian juga dari Surabaya sudah mengirim 50 potong batik tulis. Sedangkan Dekranasda Provinsi pesan 140 potong,” sebutnya.

Muniroh menyebutkan motif dan warna yang disukai pemesan cukup beragam. Ini tergantung selera konsumen disana. Seperti Surabaya dan Semarang lebih menyukai batik yang mempunyai warna beragam mulai merah dan hijau. Sedangkan Jakarta lebih menyukai warna klasik coklat dan hitam.

Sementara, Sumarsih (37) menyebutkan penjualan kain batik cap di kiosnya yang terletak di Jalan Cik Ditiro depan Kantor Korami Tegal Selatan naik  sekitar 50 persen. Sedangkan batik tulis naik 25 persen.

( Cessnasari /CN27 )

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: