RSS Feed

Batik Tulis Palembang Nyaris Punah

Palembang, CyberNews. Batik tulis khas Palembang nyaris punah, terbukti kini hanya segelintir orang yang menyimpan dan tidak ada lagi pengrajin memproduksi karya seni tersebut.

Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Iskandar Badaruddin, di Palembang, Jumat mengatakan, sama seperti daerah-daerah lain di Pulau Jawa, Palembang juga memiliki batik tulis khas. Sejumlah motif batik tulis yang sampai kini terkesan tinggal cerita, seperti kerak mutung dan lasem, katanya.

Menurut dia, dari berbagai motif batik tulis Palembang tersebut memang ada namanya yang mirip dengan motif batik dari Pulau Jawa. Batik tulis khas Palembang berbeda dengan batik-batik dari daerah lain, karena memiliki corak tradisional Palembang perpaduan budaya Melayu dan Arab dan Tiongkok, ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini hanya sejumlah orang saja yang masih menyimpan dan memiliki batik tulis khas Palembang tersebut, karena sejak puluhan tahun lalu tidak ada lagi pengrajin memproduksi jenis barang itu.

Zuriat Kesultanan Palembang, menurut dia, berupaya melestarikaan kekayaan seni dan budaya peninggalan nenek moyang mereka tersebut, tentunya dengan menggali dan mengumpulkan serta memproduksi kembali batik tulis, katanya.

Dia menjelaskan, memang tidak mudah untuk menemukan pebatik khas Palembang yang mau menggunakan media canting atau menulis kain sehingga jadi batik saat ini.

( Ant /CN12 )

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: