RSS Feed

Dekati Lebaran, Perajin Batik Kudus Kurang SDM

19 Agustus 2010 | 20:37 wib

Kudus, CyberNews. Untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran, sejumlah perajin batik khas Kudus cukup kewalahan dalam menerima pesanan. Hingga kini mereka masih saja kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang profesional, akibatnya jumlah produksi kurang maksimal.

Seperti dialami Ummu Asiyati  dan Fatkurohman, keduanya adalah perajin batik Kudus di Desa Gribig, Kecamatan Gebog Kudus. Menurut keduanya, lonjakan permintaan batik khas Kudus sebenarnya sudah terjadi semenjak beberapa bulan yang lalu.

“Sebelum Lebaran memang permintaan sudah mulai naik duluan, karena sebagian besar masih didominasi oleh pesanan seragam batik dari beberapa perusahaan, dan sebagian lagi dari konsumen perorangan,” kata Ummu, Kamis (19/8).

Pihaknya menjelaskan, sebenarnya tidak ada bedanya antara jumlah permintaan saat menjelang Lebaran maupun pada hari biasa permintaan masih sama.

“Namun kecenderungannya saat ini ada peningkatan, dalam sebulan ini permintaan mencapai 1.000 lembar batik cap, dan 50 lembar batik tulis,” katanya.

Hanya saja kendala yang masih seringkali dijumpai adalah  ketersediaan SDM perajin batik masih kurang. “Saat ini kami masih kekurangan SDM batik, sehingga jumlah produksi masih kurang maksimal sebab disisi lain permintaan justru semakin banyak, apalagi saat menjelang Lebaran saat ini,” jelasnya.

( Ruli Aditio /CN16 )

suaramerdeka.com

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: