RSS Feed

Cara Merawat Tas Batik Agar Bahan Kain Batik Pada Tas Tetap Awet

Merawat tas batik diperlukan beberapa perlakuan khusus yang berbeda dari tas-tas lainnya. Ini dikarenakan sifat kain batik yang butuh perawatan khusus agar warna kain batik tetap bagus tidak pudar dan kain batik awet tidak mudah koyak.

Kita dapat menjaga tas batik kesayangan kita dengan menyimpannya dengan baik dan rapi saat tidak kita pakai seperti tas-tas pada umumnya. Pastikan tas batik terlindungi dengan menyimpannya di dalam kain flanel atau plastik untuk melindungi bahan dan warna tas agar tidak rusak. Jangan lupa untuk mengisi tas dengan kertas bersih atau plastik untuk menjaga bentuk tas agar tidak berubah ketika disimpan, dan berikan beberapa bungkus kecil silica gel untuk menjaga kelembaban.
Perawatan khusus untuk tas batik

Perawatan yang berbeda pada tas batik adalah ketika kita mau mencuci tas batik kesayangan kita. Kain batik yang menjadi bahan dari tas batik akan lebih awet jika kita mencucinya dengan cara khusus mencuci kain batik.
Untuk mencuci tas batik gantilah deterjen yang biasanya kita gunakan untuk mencuci kain dengan obat khusus pencuci kain batik atau air lerak. Jika kedua bahan pencuci tersebut susah didapat, kita bisa menggunakan shampoo rambut untuk mencuci kain batik pada tas batik kesayangan kita dengan melarutkannya terlebih dahulu dengan air.

Agar tas batik awet, setelah dicuci jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat yang teduh atau cukup kita angina-anginkan hingga tas batik kering. Setelah dijemur, hindari menyetrika kain batik pada tas secara langsung. Jika tas batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika. Panas yang berlebih sangat berpengaruh pada warna kain batik yang diproses menggunakan malam.

Selain itu agar tas batik kita tetap awet, berhati-hatilah kalau kita ingin menyemprotkan sesuatu terlebih lagi berbahan kimia (parfum, pewangi kain, dll). Kain batik memiliki sifat cukup sensitive terlebih lagi kain batik berbahan sutera. Salah-salah kita menyeprotkan sesuatu bisa berakibat rusaknya motif batik atau mudah koyaknya kain.

Nah itu tadi beberapa tips cara merawat tas batik agar bahan kain batik pada tas tetap awet, semoga tips tadi bermanfaat. Kamu punya tips lainnya? Ayo share di sini.

Sumber : http://medogh.com/

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: