RSS Feed

Pesona Batik Dua Sisi

VIVAnews – Batik tak lagi sekedar jarik atau kemben yang identik dengan masyarakat tempo dulu atau pedesaan. Wujudnya pun tak melulu helaian kain panjang tanpa jahit. Kain yang dilukis dengan lilin atau malam itu telah menjadi bagian tren fashion.

Berbagai inovasi pun terus dilakukan demi memikat pasar dunia. Tanpa menerjang pakem batik tradisional, sejumlah industri mode di tanah air berkreasi mengawinkannya dengan sentuhan modern.

Mengusung tema ‘Cipta Karya Cinta’, pengusaha batik Hermawan Liem meluncurkan koleksi perdananya ‘Batik 2 Sisi‘. Di tengah produksi batik tradisional yang membutuhkan proses panjang, ia berinovasi menciptakan batik dengan dua sisi, luar dan dalam, yang tidak bisa dibuat secara tradisional dengan canting.

Lewat berbagai percobaan selama 25 tahun, ia menemukan teknik cetak untuk dua muka kain (duplex printing). Teknik ini menghasilkan batik dengan motif dua sisi yang presisi.

Dengan keunggulan proses produksi yang lebih cepat dari batik tulis tradisional, teknik kreasinya telah menghasilkan ragam motif batik dari berbagai daerah seperti Madura, Lasem, Pekalongan, Yogya, Cirebon, dan batik kombinasi lainnya.

Menandai peluncuran koleksi perdananya, ia menggelar serangkaian fashion show di Palalada, Alun-alun Grand Indonesia, 13-20 Januari 2012. Penasaran dengan kreasinya? Klik tautan ini.

(eh)

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

One response »

  1. Terima Kasih atas infonya

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: