RSS Feed

Akademi Batik Jawa Barat Segera Berdiri

Bandung (ANTARA News) – Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) akan mendirikan Akademi Batik untuk menumbuhkan dan menyiapkan tenaga batik profesional di kalangan generasi muda.

“Akademi Batik Jabar nantinya akan menyiapkan tenaga profesional di bidang batik yang menguasai dan memiliki keterampilan membatik yang siap terjun ke sektor industri,” kata Ketua Harian Yayasan Batik Jabar Komarudin Hudiya di Bandung, Selasa.

Rencananya, lembaga pendidikan khusus bidang batik itu akan berdiri pada 2012 dengan kapasitas tampung lebih dari seratus orang per angkatannya. Setiap angkatan akan mengenyam pelatihan membatik selama tiga bulan dan selanjutnya mendirikan usaha sendiri.

Meski berlabel akademi, namun program pendidikan membatik di sana mirip dengan pelatihan. Pesertanya ditujukan bagi generasi muda dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Pasar batik saat ini masih bagus, meski boomingnya pada 2009 lalu. Kita berusaha untuk mempertahankan animo pasar terhadap batik, salah satunya dengan mengembangkan motif berdasarkan kekhasan daerah,” katanya.

Ia mencontohkan, beberapa motif baru dikembangkan oleh generasi pembatik di daerah seperti di Subang mengembangkan batik ganasan, motif buaya, motif beasan di Cianjur dan beberapa motif baru lainnya.

“Selama ini ada sekitar 200 motif batik di Jabar dan sudah dibukukan dalam bentuk buku saku motif batik,” kata Komarudin Hudiya.
(S033)

Editor: Aditia Maruli

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: