RSS Feed

Bikers Memakai Batik? Siapa Takut

Metrotvnews.com, Banten: Di antara ribuan bikers yang memadati arena Honda Bikers Day yang digelar oleh PT Astra Hoda Motor di Tanjung Tum, Anyer Sabtu-Minggu (14-15/12), tampilan para anggota komunitas CBR Owners Tangerang cukup mencolok perhatian.

Mereka nampak menonjol di antara kerumunan bikers lainnya bukan karena tampilan motor mereka yang beraliran sport, melainkan karena kostum yang dikenakan justru tidak mencirikan sebagai ‘anak motor’.
Mereka hadir dengan atasan berupa kemeja berwarna kelabu dengan ornamen batik di bagian bahu. Tidak seperti bikers lainnya yang mengenakan pakaian serba hitam, lengkap dengan aksesoris rompi kulit atau jaket hitam ala Hell Angel.

Menurut Rizki, salah satu anggota CBR Owners Tangerang, mereka sengaja menonjolkan ornamen batik ebagai salah satu bentuk dukungan dan kecintaan mereka pada budaya tradisional Indonesia yaitu batik.

“Karena kami juga ingin menjaga kelestarian budaya nasional Indonesia, maka kami sengaja memberikan ornamen batik pada baju seragam kami,” ujar Rizki.

Saat Mertrotvnews.com menanyakan apa makna perbedaan dua warna batik yang dikenakan oleh para anggota komunitas Honda CBR ini, Rizki memaparkan bahwa itu bukan sebuah kesengajaan, melainkan karena faktor teknis.

“Ornamen batik berwarna hijau a

dalah angkatan pertama. Keika anggota kami bertambah dan membuat seragam baru, bahan tersebut sudah tidak ada lagi. Jadi kami menggantinya dengan warna jingga,” paparnya.

Meskipun ide dan desain kostum berasal dari dirinya, namun Rizki mengaku, keputusan menggunakan ornamen batik merupakan hasil dari musyawarah para anggota CBR Owner Tangerang.

Kostum komunitas CBR Owners Tangerang ini selaras dengan kegiatan Honda Bikers Day yang tahun ini mengusung tema ‘Satu Hati – Cinta Indonesia’ serta gerakan cinta terhadap kebudayaan nasional yang tengah digalakkan oleh AHM.
Yang jelas tampilan komunitas pecinta Honda CBR yang satu ini nampak lebih elegan, dan semoga saja perilaku para anggotanya juga bisa turut elegan saat mereka berkendara di jalan raya.
Editor: Nurtjahyadi

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: