RSS Feed

Warna Cerah Masih Jadi Tren Batik 2014

Seorang model dari Totok Shahak Modelling School mengenakan Batik Danar Hadi motif Geowajik pada fashion show East Meets West di Butik Batik Danar Hadi, jalan Gajah Mada, Kota Semarang, Jateng, Jumat (20/12/2013). Sebanyak lima motif baru Batik Danar Hadi diluncurkan untuk referensi tren batik 2014.

Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan

TRIBUNNEWS.COM – Ide mengolah kain nusantara tidak pernah habis. Butik batik pun berlomba mengeluarkan karya rancangan terbaru untuk pasar tahun 2014.

Kekayaan motif batik yang ada di Indonesia menjadi inspirasi The Real Margaria Batik untuk koleksi mereka pada 2014. Mereka memamerkannya dalam fashion show bertema “Tenun Troso Karya Anak Negeri” di gerai mereka di Semarang, Ruko Mal Ciputra C.34-35 akhir pekan tadi.

Tiga sesi peragaan dimulai dari koleksi batik motif Madura dengan ciri khas warnanya yang cerah menyala. Margaria memilih menjadikannya sebagai bawahan lebar untuk dipadukan dengan kebaya.

Pilihan kedua berupa batik wonogiren. Sama seperti motif Madura, Margaria juga tertarik menjadikannya untuk bawahan. Kali ini dipadukan dengan blus warna tajam seperti hijau, merah marun dan oranye.

Batik wonogiren memiliki ciri khas gurat-gurat pecah yang membuatnya terkesan eksklusif. Motif mereka terinspirasi kondisi geografis dan adat istiadat masyarakat Wonogiri.

Sesi ketiga menjadi puncak fashion show. Margaria menampilkan andalan mereka untuk 2014 yakni motif tenun troso Jepara.

“Kenapa tenun troso Jepara? karena motif ini bisa bertahan sepanjang zaman. Tak lekang oleh waktu. Jadi dibeli sekarang pun masih tetap bagus meski dipakai bertahun-tahun mendatang,” ungkap Asisten Store Manager Margaria, Nurul Aini.

Warna-warna dari tenun troso pun banyak pilihan, baik warna lebih kalem ataupun menyala. Margaria menyulapnya menjadi blus dengan model kerah jatuh. Sebagai bawahan bisa dipadukan dengan celana kain. Adapun motif tenun yang dipakai Margaria terlihat lebih simpel.

Di antaranya cuma menonjolkan tekstur belahan ketupat. Nampaknya, pemilihan warna tenun lebih ditonjolkan, yang terlihat dari gradasi warna. Misal paduan biru dan ungu atau oranye dan merah.

Nurul Aini menambahkan, kekayaan budaya nusantara akan terus digali untuk model-model selanjutnya. Saat ini di Indonesia, hampir setiap daerah mengeluarkan corak batik masing-masing berdasarkan ciri khas, sejarah dan adat istiadat mereka.

Sesuai perkembangan fashion saat ini, Margaria juga menambahkan beberapa kain polos dalam koleksinya. Kain tersebut bisa berupa aksen di lengan, kerah, dan bahkan di sebagian busana.

“Sebagian masyarakat, terutama anak muda lebih menyukai batik yang tidak murni batik, tapi ada tambahan kain bahan lain. Kelihatannya tambah modis,” jelas Nurul Aini.

Total dalam fashion show kali ini ditampilkan 15 koleksi terbaru Margaria. Selain busana wanita mereka juga menampilkan tren batik pria. Untuk para pria, Margaria memanjakannya dengan tawaran kemeja lengan pendek. Pilihan warna cenderung cerah dan berani.

Nurul Aini menambahkan, kekayaan budaya nusantara akan terus digali untuk model-model selanjutnya. Saat ini di Indonesia, hampir setiap daerah mengeluarkan corak batik masing-masing berdasarkan ciri khas, sejarah dan adat istiadat mereka.

Di Jawa Tengah saja,selain batik Solo, Pekalongan dan Lasem Rembang yang sudah lebih dulu mendapat tempat di masyarakat, pengrajin di masing-maisng daerah kini menawarkan motif-motif khas lokal dan banyak digemari pula. Di antaranya batik Semarang, Banyumas, Salatiga, dan lain-lain.

Banyaknya pilihan membuat konsumen juga makin dimanjakan. Mereka tinggal menyesuaikan keinginan dengan anggaran yang dimiliki. “Koleksinya bagus. Bisa jadi acuan untuk model 2014,” kata seorang pengunjung, Yuli Subroto.

Ini kali pertama ia menghadiri fashion show di Margaria. Ia berharap bisa digelar lebih sering sebagai informasi kepada masyarakat soal perkembangan dunia batik. (Tribun Jateng/muslimah)

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: