RSS Feed

Jaya Suprana Ajak Anak Muda Membatik

Posted on

INDONESIA yang terkenal akan negara yang multikultural, membuat banyak pihak, terutama negara tetangga ingin memiliki kebudayaan-kebudayaannya seperti Indonesia.
 
Batik misalnya, beberapa tahun yang lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kasus Malaysia yang mengaku, bahwa Batik merupakan warisan dari tanah leluhurnya. Padahal, jauh sebelum Malaysia mengenal batik, Indonesia sudah terlebih dahulu akrab dengan kain tradisional ini. Bahkan dari zaman Majapahit, masyarakat Indonesia sudah mulai membatik dan mengenakannya untuk pakaian sehari-hari.
 
Hal tersebut tentunya membuat miris sekaligus sedih yang dirasakan oleh seorang seniman senior yang memiliki sekolah budaya, Jaya Suprana.
 
Batik itu sempat diakui negara lain, saya miris sekali. Saya ingin anak bangsa, mau membatik dan belajar membatik agar tidak ada lagi yang mengaku-ngaku,” Tuturnya.
 
Seniman yang juga founder MURI ini, sangat mengapresiasi bagi siapa saja yang membudayakan batik dan hasil karya anak bangsa lainnya.
 
“Saya sangat bangga dan juga mengapresiasi bagi siapa saja yang membudayakan hasil karya anak negeri, apalagi batik,” tutupnya kepada Okezone di Crown Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2014).
 
(tty)

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: