RSS Feed

Tujuh Model Cantik Populerkan Batik Lewat Fashion

Posted on

Jakarta, HanTer – Sebanyak tujuh dara cantik dipercaya untuk menjadi model untuk acara fashion show bertajuk ‘Trunk Show Batik’. Uniknya, ketujuh dara cantik itu merupakan Putri Indonesia yang belum terbiasa berlenggak-lenggok di atas catwalk

Ketujuh Putri Indonesia yang menjadi Duta Smesco itu adalah Kartika Berliana Tjakradijaja (Puteri Indonesia DKI Jakarta II 2013), Nadia Inggrida  (Puteri Indonesi DKI Jakarta III 2013), Annisa Putri Ayuda (Puteri Indonesia Intelegensia 2011), Rahma Landy (Puteri Indonesia Pariwisata 20070, Ismi Halida (Miss Batik 2011), Febrizky Yahya (Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012) dan Lydia Juliana (Finalis Miss Indonesia 2013 asal Sulawesi Utara).

“Ini menjadi pengalaman berharga buat saya karena bisa mempromosikan batik kepada masyarakat. Bukan hanya untuk masayarakat Indonesia tapi juga dunia internasional,” kata Kartika Berliana di SME Tower kawasan Pancoran Jakarta Selatan, kemarin.

Diakui Kartika, ia dan keenam model lainnya mengenakan rancangan desainer binaan Kementrian Koperasi dan UKM dengan tema Mix & Match Batik Fashion Show. Sebagai Duta Smesco, Kartika memiliki tugas mempromosikan batik yang menjadi kebanggaan milik bangsa Indonesia.

“Saya berusaha untuk menjadikan batik sebagai busana pilihan keluarga Indonesia dari berbagai usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa harus menyukai batik,” terangnya.

Hal serupa dikatakan Lydia Juliana yang merasa tertantang dengan atributnya saat ini sebagai model yang punya tugas menjadi duta batik. Secara tidak langsung, ia harus mengerti banyak mengenai asal usul dan pengrajin batik. Sehingga jika ada pengunjung yang datang menanyakan tentang batik, ia sudah menguasai.

“Di sini para konsumen dapat berinteraksi melihat produk saat diperagakan model. Makanya kita dituntut untuk mengetahuinya, sehinggacmenambahkan kenyamanan konsumen saat shopping,” katanya.

Ditambahkan Lydia, batik yang dikenakannya itu berbeda dengan batik-batik lain. Batik yang dikenakannya itu memiliki terutaman menyangkut fashion batik dan  tenun yang  menunjukkan keunggulan kualitas budaya Indonesia.

“Produknya memang  handmade, makanya ini tentu spesial edition. Jadi siapa yang cepat dia yang dapat,” tuturnya.

Batik yang dipamerkan ketujuh model itu cocok dikenakan oleh konsumen dalam kondisi dan keadaan apapun. Seperti untuk bekerja, acara resepsi maupun suasana santai. Dengan tema itu, menurut Lydia, batik sangat visible dan  fleksibel dikenakan setiap saat. “Untuk saat ini batak bisa dikenakan dimana pun dan kapanpun, berbeda dengan dulu yang mengenakan batik hanya pas saat resepsi pernikahan,” tuturnya.
(Rom)

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: