RSS Feed

Pameran Batik Vaganza Diikuti 54 Stan UMKM

Posted on

SEMARANG, suaramerdeka.com – Event Pameran Batik Vaganza, yang digelar di Atrium Mal Paragon pada 4 hingga 8 Juni, resmi dibuka.

Pameran dibuka lewat seremoni pemukulan gong oleh Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Disperindag Jateng Edison Ambarura, Rabu (4/6). Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Panitia Kegiatan Reza Tarmizi dan Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono.

Pameran batik selama lima hari itu diikuti oleh 54 stan para pelaku UMKM Batik di Jawa Tengah. Sedangkan suasana mulai hari pertama, telah nampak sejumlah stan ramai dikunjungi masyarakat yang mencoba dan membeli produk batik. Di tengah acara tersebut ditampilkan fashion show batik rancangan Anne Avantie yang dibawakan oleh para model.

Kegiatan yang digelar oleh Kadin Jawa Tengah ini adalah salah satu upaya dari Kadin untuk membukakan pasar bagi pelaku UMKM terutama kain batik.

Ketua Panitia Kegiatan Reza Tarmizi mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan tempat bagi pelaku usaha untuk memamerkan produk batik terbaik mereka. Selain itu juga untuk memberikan edukasi bagi masyarakat yang datang ke pameran karena bisa melihat langsung proses membatik.

Batik adalah produk potensial yang sudah dikenal dunia, bahkan telah ada yang diekspor. Sehingga batik ini yang menjadi budaya kita ini sudah bisa diterima dunia internasional,” katanya.

Reza Tarmizi yang juga sebagai Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan menambahkan, untuk meningkatkan kualitas produk mereka, pihaknya telah menggelar pelatihan – pelatihan. Sehingga industri yang sudah besar bisa memberikan sharing knowledge kepada pelaku usaha yang masih kecil dan menengah.

Menurutnya, produk dari Indonesia yang punya daya saing di luar negeri, salah satunya batik karena produk kita punya kualitas yang baik.

Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan, pameran seperti ini untuk ajang pemanasan bagi pelaku usaha khususnya batik senagai tes pasar tentang produk mereka.

Saat ini mereka telah melakukan transaksi e-commerce yaitu jual beli melalui online. Pangsa pasar ini masih punya pontensi yang sangat besar.

“Apalagi pengunjung yang datang ada orang dari luar negeri, Jakarta dan kota lainnya dalam pameran ini. Hal ini bisa meningkatkan omzet penjualan para pelaku usaha batik,” katanya.

( Yulianto / CN33 / SMNetwork )

About Berita Batik

Sanggar Batik Nusantara: Jl. Batik Tulis No 9 - 10 Gama Asri Pekalongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: